Senin, 11 Desember 2017

Makanan Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi

Makanan Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi,- Darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit yang paling banyak berisiko bagi orang saat ini. Tak hanya menyerang orang orang yang telah berusia lanjut, anak anak muda juga tak luput dari serangannya. Ketika darah tinggi telah parah, ini bisa berakibat fatal dan menyebabkan berbagai risiko penyakit berbahaya lain seperti stroke hingga serangan jantung.

Beberapa gejala dari darah tinggi antara lain adalah nyeri pada bagian dada, denyut jantung tidak teratur, sakit kepala yang parah, gangguan pada penglihatan, mudah lelah dan badan pegal pegal. Sebenarnya, gejala darah tinggi bisa dirasakan dengan mudah oleh penderitanya sehingga bisa dicegah atau diatasi dengan cepat. Cara mengatasi gejala darah tinggi adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan konsumsi makanan penurun tekanan darah.

Adapun makanan yang bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat antara lain sebagai berikut: 

Sayur bayam
Sayur ini mengandung serat tinggi dan kalium. Dua nutrisi ini baik dalam mengurangi efek tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Bawang putih
Aromanya memang cukup menyengat dan rasanya cukup aneh di lidah. Tapi jangan salah, nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam bawang putih bermanfaat baik menurunkan tekanan darah atau menstabilkan tekanan darah. Selain itu, bawang putih juga rendah kolesterol sehingga baik buat kesehatan jantung. 

Tomat
Kandungan nutrisi dan vitamin yang ada pada tomat dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi dengan baik. Tomat bisa dimakan secara langsung, dibuat jus atau dimasak bersama sayuran. 

Seledri
Hampir sama dengan bawang putih, seledri dengan aroma cukup menyengat ini bermanfaat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan kalsium dan kalium yang tinggi pada seledri yang membuatnya ampuh menurunkan tekanan darah tinggi. 

Pisang 
Buah pisang adalah buah yang kaya nutrisi dan vitamin. Selain bisa dimanfaatkan sebagai nutrisi diet, pisang juga bisa dimanfaatkan untuk menutrisi tubuh penderita tekanan darah tinggi. 

Jeruk
Vitaminnya yang tinggi membuat jeruk begitu baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan kaliumnya bahkan tak hanya sebagai penurun tekanan darah tetapi juga penurun berat badan yang ampuh. 

Alpukat.
Buah satu ini memiliki kandungan vitamin C, E, kalsium dan serat. Kandungan inilah yang bermanfaat baik menurunkan tekanan darah tinggi.  

Cokelat
Kandungan antioksidan yang tinggi dan nutrisi sehat lainnya pada cokelat dipercaya bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi dengan baik. Ini juga bisa meredakan stres, depresi dan membuat perasaan jauh lebih bahagia. 

Yogurt 
Minum yogurt secara rutin setiap pagi atau malam sebelum tidur bisa bantu menurunkan berat badan dengan baik, menyehatkan sistem pencernaan dan menurunkan tekanan darah tinggi. Ini juga baik untuk kesehatan jantung serta organ dalam tubuh lainnya. 

Oatmeal
Sebagai produk olahan dari gandum yang dipercaya sangat baik menutrisi tubuh ketika diet, oatmeal ternyata juga menutrisi baik tubuh yang menderita tekanan darah tinggi. Oatmeal juga baik untuk kesehatan jantung dan melancarkan sistem peredaran darah.

Selain makanan diatas, makanan lain yang juga dipercaya bisa dilakukan dengan makan makanan di atas. Kita tetap penting menerapkan pola hidup sehat, memilki istirahat dan olahraga cukup, menghindari stress dan menghindari makanan penyebab darah tinggi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar